14 Februari 2013

Pelatihan Siaga Bencana



Pada tanggal 4-8 Februari 2013, Komisi Pengembangan Sosial Ekonomi (PSE) Caritas Keuskupan Padang mengadakan kegiatan pelatihan pengurangan resiko bencana, dengan tema “ Melalui Pelatihan Pengurangan Resiko Bencana Dapat Menciptakan Sistem Koordinasi Dalam Menghadapi Bencana”. Pelatihan ini mengambil tempat di kantor Komisi PSE-Caritas sendiri di Jl. W.R. Monginsidi 4d padang. Kegiatan dimulai dengan kata sambutan P. Alexius Sudarmanto “ Diharapkan dengan diadakan pelatihan ini dapat dibentuk jaringan di masing-masing lembaga yang terkoordinasi dengan PSE apabila terjadi bencana”.




 

 Pelatihan ini yang mengundang beberapa paroki di Sumbar dan beberapa lembaga yang sepayung dengan Keuskupan seperti, Yayasan Prayoga, PSKP St. Yusuf Pusat, juga organisasi lainnya seperti WKRI Sumbar, Mahasiswa Mentawai, lalu PMKRI cabang Padang. Pelatihan yang ikuti 48 peserta ini di arahakan oleh tim dari HEKS, yaitu Fransedes  Simamora dan Berkatdo Saragih. Materi selama 4 hari dilaksanakan didalam ruangan sering di berikan secara berkelompok. 





Terjadi gempa kecil Pada tanggal 7 februari 2013 pagi menjadi pertanda bagi peserta dan semua orang utnuk selalu siaga. Namun itu hanya sebuah kebetulan semata. Namun kesempatan pada materi hari itu jadi sedikit sharing gempa yang terjadi. Pada tgl 8 Februari 2013, Pelatihan dilakukan praktek lapangan seperti penggunaan HT, GPS dan lainnya. Antusias peserta yang tampak dari awal pelatihan hingga selesai. Dari peserta sendiri sangat berharap dapat melakukan hal serupa di paroki atau lembaga masing-masing , mengingat bahwa daerah sumbar sangat rawan gempa bumi. 



Selesainya seluruh kegiatan dengan kegembiraan walaupun setelah terkuras tenaga untuk 5 hari kegiatan. Namun dari hasil evaluasi yang diberikan, hampir semua peserta menginginkan lagi pelatihan atau kelanjutan dari kegiatan ini. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar