17 Januari 2013

PERINGATAN HARI PANGAN SEDUNIA TAHUN 2012


Dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS) tahun 2012 Komisi Pengembangan Sosial Ekonomi (PSE)-Caritas keuskupan Padang bekerjasama dengan Yayasan Prayoga Padang melaksanakan kegiatan Peringatan Hari Pangan Sedunia yang dilaksanakan pada tanggal 13 – 14 Oktober 2012.   Kegiatan ini melibatkan lembaga Komsos, Komkat, Koptari, WKRI, PMKRI,  siswa-siswi, para guru dan karyawan Yayasan Prayoga Padang serta umat katolik Paroki Katedral khususnya dan juga umat dari Paroki lainnya.  Untuk Kota Padang kegiatan dipusatkan disekolah Yayasan Prayoga Padang,  sedangkan  untuk acara puncak kegiatan Hari Pangan Sedunia tahun 2012 ini akan di pusatkan di daerah Talang Lakat Sungai Akar Selberida Indragiri Hulu yang dipilih sebagai tempat acara.


 
Thema kegiatan Hari Pangan Sedunia (HPS) tahun 2012 secara nasional adalah Membangun  Kecukupan Pangan Bagi Semua “ Gereja Sebagai Komunitas Berbagi Pangan “, sedangkan untuk kegiatan di Sekolah Yayasan Prayoga  mengambil thema “ Pangan Lokal Sehat dan Bergizi “. Pada rapat I disepakati adanya Panitia HPS di tingkat Keuskupan yang terdiri dari perwakilan Komisi PSE , Komkat, Komsos,  Komunitas St. Leo,  WKRI, Yayasan Prayoga.
Sabtu tanggal 13 Oktober 2012; Diadakan  Ceramah tentang Gereja Sebagai Komunitas Berbagi Pangan yang disampaikan oleh ketua Komisi PSE-Caritas Keuskupan Padang  serta,  Pangan Lokal Sehat dan Bergizi yang disampaikan oleh Ibu-ibu dari WKRI DPD Sumatera Barat.  Peserta Seminar adalah Siswa-siswi SMP dan SMA Yayasan Prayoga. Hadir sekitar 250 orang. Acara berlangsung dari pukul 10.00 wib s/d pukul 12.00 wib di Aula SMP Frater.

Minggu tanggal 14 Oktober 2012 diadakan Misa Hari Pangan Sedunia (HPS)  di Gereja Katedral pukul 07.30 s/d 09.00 wib pada Misa ke II  bersama umat, petugas Misa adalah Siswa-siswi Yayasan Prayoga .  Ada 2 tarian ; sebagai tarian pembuka pada saat arak-arakan masuk ke gedung Gereja dan tari saat persembahan.  Paduan suara/koor oleh Siswa-siswi SMA Don Bosco. Misa dipersembahkan secara Konselebrasi oleh  Ketua Komisi PSE-Caritas  Pastor Alexius Sudarmanto, Pr, dan  Pastor Paroki Katedral;  Pastor  Yohanes Cahaya, Pr  lalu  sebagai    selebran utama adalah Ketua Yayasan Prayoga Padang  Pastor Alex Irwan Suwandi, Pr.   Dalam perayaan Misa juga ada pemberkatan bibit seperti; bibit  padi, bibit  mahoni, bibit  sawit, dll.

Setelah Misa kudus, diadakan acara lomba memasak tumis sayur kangkung dan lomba buat kue dari ubi, peserta adalah siswa-siwi SMP Yayasan Prayoga yang sudah ditunjuk; peserta 5 group tumis kangkung dan peserta 5 group buat kue dari ubi. Selain itu juga ada kuis pangan lokal sehat dan  bergizi yang diikuti oleh murid-murid SD kls IV-VI.  Juga ada lomba Hulahop oleh anak-anak TK sebanyak 25 orang ,  dimeriahkan juga dengan adanya 13 Stand bazar pangan yang menunya dari bahan lokal seperti ubi, pisang, keladi  dsb, serta ada sayur Jipan, Kol, bunga kol, buncis, kentang, bawang merah, bawang Bombay, cabe merah, bawang pray, seledri, terong pirus, ubi jalar, tomat, tempe bungkus dll,   barang ini  dari petani  di daerah Kerinci.

Dewan juri untuk acara Lomba Memasak dan stand Sehat berasal dari WKRI-DPD Sumatra Barat.   Juri untuk acara Lomba Kuis Pangan Sehat;  Bpk. Martinus Kiwan dan Tim OSIS SMA  DB.  Juri acara Lomba Hula Hoop;  Ibu. Poppy Fransiska dkk.
Kepada para juara diberikan hadiah berupa Trophy, dan kepada juara lomba tumis kangkung dan buat kue dari ubi mereka akan diikut sertakan untuk menyaksikan acara puncak Hari Pangan Sedunia tahun 2012  di Air Molek dengan didampingin oleh para guru masing-masing.

Hari Selasa tanggal 30 Oktober 2012 pukul 14.00 wib diadakan rapat bersama yang dihadiri oleh 11 orang, guna membicarakan rencana dan persiapan kegiatan ke Air Molek. Disepakati rombongan dari Padang sebanyak 15 orang yang terdiri dari;  WKRI 4 orang, pemenang lomba 2 orang, guru pendamping 1 orang, utusan dari Komkat 1 orang, utusan dari Komsos 1 orang, Komisi PSE 4 orang, guru 2 orang,  akan berangkat hari Jumat pukul 18.00 wib  berkumpul di kantor Komisi PSE. Berangkat menggunakan BIS Pariwisata.

Acara diawali dengan Ceramah tentang Gereja Sebagai Komunitas Berbagi Pangan yang disampaikan oleh Pastor Alexius Sudarmanto, Pr.  Kemudian di lanjutkan dengan Ceramah tentang Pangan Lokal Sehat dan Bergizi yang disampaikan oleh Ibu. Dra Meilifa, beliau bekerja pada Badan POM = Pengawasan Obat dan Makanan. Ceramah dihadiri oleh pastor Paroki, Pengurus Dewan Stasi dan umat.  Sambutan cukup bagus dan mereka sangat senang karena bisa langsung mendengarkan penjelasan yang disampaikan oleh para narasumber, terlebih karena bisa datang orang dari Badan POM langsung ke tempat mereka, ini bisa membuka wawasan mereka akan pentingnya untuk menjaga kesehatan seluruh keluarga kita.
Setelah acara Seminar, dilanjutkan dengan acara makan siang bersama.  Tepat pada pukul 14.00 wib mulailah ibu-ibu WKRI rombongan dari Padang untuk mendemokan beberapa resep masakan yang bahannya berasal dari ubi kayu, ikan dll.

Minggu tanggal 4 November 2012 pukul 10.00 wib diadakan Misa Hari pangan Sedunia yang dipersembahkan oleh Pastor Alexius Sudarmanto, Pr  dan Pastor Fridolinus. S OFMCap. Selesai Misa juga ada upacara pemberkatan bibit Mahoni yang nantinya akan dibagikan kepada masing-masing ketua Stasi agar ditanam dan dirawat dengan baik di daerahnya masing-masing. Kemudian dilanjutkan dengan acara makan bersama dengan menu saksang babi. Tepat pukul 14.00 wib setelah makan ada acara peresmian  pembukaan bazaar dan pameran pangan lokal oleh pastor Alexius Sudarmanto, Pr dan Pastor Fridolinus. S OFMCap dibawah guyuran air hujan yang turun sejak selesai Misa.