07 Januari 2014

FORUM AKSI TANGGAP BENCANA (FATAB) SUMBAR DI GUNUNG SINABUNG, KAB. TANAH KARO


Dalam manajemen penanggulangan bencana tidak terlepas dari terbangunnya komunikasi dan terbentuknya sebuah jaringan dalam kelembagaan yang terkonsentrasi pada upaya pengurangan risiko bencana ataupun bergerak pada misi-misi kemanusiaan. Hal ini di tunjukkan melalui adanya komunikasi dan koordinasi sehubungan dengan terjadinya Erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo. Informasi didapatkan melalui data assesment (SITREP) yang diberikan oleh jaringan Tim LEARN yang ada di Sumatra Utara. Data SITREP tersebut kemudian menjadi bahan acuan untuk Forum Aksi Tanggap Bencana (FATAB) Sumatra Barat sebagai keluarga LEARN yang ada di Sumatra Barat untuk melakukan aksi penggalangan bantuan untuk para korban yang berada di titik pengungsian sebagai bentuk kepedulian dan solidaritas bersama.


Tak terlepas juga melalui koordinasi dan komunikasi di tingkat internal lembaga-lembaga yang tergabung dalam FATAB Sumatra Barat, aksi ini dilakukan sejak tanggal 27 November 2013 – 5 Desember 2013. Dan dengan kerjasama serta arahan dan masukan yang diberikan, aksi penggalangan bantuan ini memberikan hasil yang sangat baik sekaligus bisa langsung tersampaikan ke titik-titik pengungsian sesuai dengan perencanaan yang matang. Sesuai dengan hasil evaluasi dan koordinasi di tingkat FATAB Sumatra Barat, anggaran yang terkumpul diperuntukkan untuk pemenuhan Nutrisi bagi para pengungsi berdasarkan kemampuan yang ada. 

Berangkat menuju Kabupaten Karo, Sumatra Utara melalui jalur darat menggunakan mobil yang telah disediakan oleh LP2M. Tim berangkat sebanyak 5 orang dan di lepas dari Kantor Caritas Padang. Perjalanan memakan waktu satu hari (24 Jam) dan kemudian di jemput oleh Ketua LEARN Sumatra Utara dan di arahkan ke kantor HEKS di Medan untuk beristirahat. 8 Desember 2013. Rapat KOORDINASI TIM FATAB Sumbar guna membahas persiapan serta menyepakati kerja tim di lapangan

9 Desember 2013Briefing bersama Lembaga-lembaga yang tergabung dalam TIM LEARN SUMUT, tentang intervensi yang akan telah dilakukan dan intervensi yang akan dilakukan (lampiran hasil meeting). Tim FATAB SUMBAR dan LEARN SUMUT berangkat menuju pos pengungsian ke “Los tiga binanga” dan kemudian TIM mendirikan Tenda di Lingkungan Pastoran Tiga Binanga

10 Desember 2013 Koordinasi bersama PASTOR Tiga Binanga, mengenai keadaan pos pengungsian los tiga binanga. Dan Tim FATAB sepakat untuk melakukan intervensi membantu pengadaan transportasi untuk pemenuhan WASH (mandi) dan Nutrisi di Posko Tiga Binanga. Survey ke lokasi pos pengungsian yang lain untuk melihat kebutuhan yang di perlukan diantaranya Posko Islamic Centre, Posko Ketapul dan Posko GBKP Kutacani. Koordinasi dengan salah satu kontak lokal LEARN di Kaban Jahe (Heri) dan koordinator dimasing-masing posko yang telah di survey. Tim FATAB bersepakat untuk mengintervensi untuk pemenuhan Nutrisi di ketiga posko tersebut. Koordinasi dengan PMI dalam penyediaan air bersih untuk posko pengungsian los tiga binanga.

11 Desember 2013 Memfasilitasi transportasi pengungsi los tiga binanga untuk kebutuhan mandi dan cuci. Penyerahan bahan baku makanan bernutrisi ke posko ISLAMIC CENTER dan DESA KATEPUL di antaranya Daging Lembu, Kentang, Bumbu, Cabai dan Pisang. Pshyco Social dengan anak-anak di pengungsian Posko Ketapul bekerjasama dengan TIM LEARN SUMUT (Nurani Luhur Masyarakat, Palapa, HEKS). Kegiatan yang dilakukan berupa games, bahan bacaan dan menggambar (NLM) serta pemutaran film. Pemutaran film dilakukan dua sesi, yaitu sesi pertama untuk anak-anak (Laskar Pelangi) di sore hari dan sesi kedua untuk umum (Film Karo) pada malam hari sesudah makan malam.

12 Desember 2013, Distribusi buah pisang ke posko pengungsian UKA 1 dan UKA 2. Games bersama anak-anak di posko pengungsian UKA 1 dan UKA 2. Pembagian masker ke masyarakat di desa-desa dari radius 3 – 5 KM. 13 Desember 2013 Briefing bersama TIM LEARN SUMUT, Penyerahan donasi pada LEARN SUMUT untuk posko pengungsian los tiga binanga, Penyerahan donasi pada LEARN SUMUT agar dapat digabungkan dengan pendanaan Food for the Hungry. TIM FATAB SUMBAR diwakili oleh 5 (Lima) orang dari dari 3 kelembagaan dengan struktural :
Koordinator                 : FABIO DINASTI (LP2M)
Bendahara                  : SIMON BERNAD R. S. ( Komisi PSE – Caritas K. Padang)
NOTULEN                 : EDO PRASETYO (WK-SOSKEM)        
   DENDI SUJONO (Komisi PSE – Caritas K. Padang)
JURU FOTO                  : SAN C. SIREGAR (Komisi PSE – Caritas K. Padang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar