20 Januari 2014

KEGIATAN PELATIHAN GO GREEN / HANDYCRAFT



Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Wanita Katolik Republik Indonesia Dewan Pimpinan Daerah Sumatera Barat & Komisi Pengembangan Sosial Ekonomi – Caritas Keuskupan Padang  dan Susteran St. Marta Pasaman. Kegiatan  diberikan  kepada  anggota Wanita Katolik Republik Indonesia  baik  itu utusan dari cabang maupun ranting yang berada di Kota Padang. Jumlah semua yang hadir ketika pelatihan Go Green/Handycraft sejumlah  23 orang. Kegiatan yang dibuat adalah  berupa  tas, alas meja  dan cocarde dari bahan plastik bekas pembungkus minyak goreng seperti sari murni, bimoli, sunligt, molto dsb.




Narasumber  dari kegiatan ini adalah Suster Edita. Disampaikan kepada peserta bahwa tujuan utama kita mengadakan pelatihan ini untuk menjaga kelestarian alam, karena alam kita ini sesungguhnya sudah tercemar dengan banyaknya tumpukan sampah dan plastik-plastik sampah yang sangat sulit sekali untuk hancur dan memerlukan waktu bertahun-tahun baru bisa hancur. Selain itu juga untuk menjaga kesehatan kita manusia, karena asap sampah yang jika terhirup oleh manusia bisa menyebabkan penyakit kanker dsb. Dengan adanya pelatihan Go Green/Handycraft ini kita termasuk orang-orang yang mau memelihara dan mencintai alam, agar alam kita tetap bersih dan indah. 
 
Disamping  itu peserta juga bisa menjadi pandai dan trampil serta bisa menambah pendapatan keluarga jika ketrampilan yang dimiliki bisa terus dikembangkan. Peserta diajarkan dari mulai memotong bagian plastik  yang dirasa keras dan tidak terpakai, lalu ukuran dari tas yang akan dibuat, posisi pengambilan bahan agar menarik, cara melipat dan menjahit, tidak ketinggalan pula dijelaskan teknik membersihkan plastik dari bekas minyak  dsb yang menempel. Narasumber memperlihatkan beberapa contoh tas dan dompet dari bahan plastik bekas.  Agar pelatihan ini lebih terarah, maka panitia memutuskan agar peserta membuat tas besar ukuran folio sekitar 100 buah dan tas untuk cocarde sekitar 150 buah.  Diharapkan tas dan cocarde ini bisa dipakai ketika acara Konferda pada bulan Mai tahun 2015 mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar